Konten ini dibuat berdasarkan rangkuman dari apa yang penulis pernah pelajari dan bertujuan sebagai media belajar bagi siapa saja yang membutuhkan. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
Perawatan berkala pada mesin biasanya dilakukan setiap 5.000 km atau 10.000 km sekali. Perawatan berkala pada mesin yang diakukan setiap 5.000 km sekali biasanya sering disebut dengan istilah Engine Tune-up (Tune-up Mesin). Pekerjaan yang dikakukan pada saat tune-up mesin biasanya hanya mencakup pemeriksaan kondisi komponen-komponen mesin. Sedangkan perawatan berkala yang dilakukan setiap 10.000 km sekali meliputi pemeriksaaan dan penggantian komponen-komponen mesin. Lalu mengapa perawatan berkala pada mesin mobil perlu dilakukan? Jawabannya adalah untuk menjamin mesin mobil tetap aman saat beroperasi dan menjaga performa mesin tetap pada kondisi optimalnya. Selain itu, dengan dilakukannya perawatan berkala yang rutin, dapat memperpanjang usia mesin dan menghemat biaya perbaikan dengan meminimalisir terjadinya kerusakan yang parah pada mesin. Berikut adalah pekerjaan-pekerjaan yang secara umum dilakukan pada perawatan berkala mesin mobil EFI. PERSIAPAN UNTUK MENUNJANG KESELAMATAN D...
IATS Gambar Intake Air Temperature Sensor Intake Air Temperature Sensor (IATS) berfungsi mengukur suhu udara yang masuk ke dalam silinder mesin. WTS / ECTS Gambar Engine Coolant Temperature Sensor Water Temperature Sensor (WTS) / Engine Coolant Temperature Sensor (ECTS) berfungsi mengukur suhu mesin berdasarkan suhu air pendingin mesin yang berada di dalam Water Jacket. Sensor ini menempel pada blok silinder dan biasanya letaknya dekat dengan thermostat. MPS / MAPS Gambar Manifold Pressure Sensor Manifold Pressure Sensor (MPS) / Manifold Absolute Pressure Sensor (MAPS) atau juga sering disebut Vacuum Sensor berfungsi mengukur tekanan udara di dalam Intake Manifold pada mesin tipe D-FI . Sensor ini biasanya diklemkan pada air intake chamber dan pada sensor terdapat selang udara yang terhubung ke Intake Manifold , atau juga bisa terletak/menempel pada Intake Manifold . MAFS Gambar Mass Air Flow Sensor Mass Air Flow Sensor (MAFS) atau sering juga disebut Air Flow Meter berfungsi...
Pada kotak baterai maupun pada katalog baterai kendaraan bermotor, biasanya terdapat detail spesifikasi baterai untuk memberikan informasi kepada pemakai baterai. Pada label yang menempel di kotak baterai ataupun pada katalog baterai, sering kita jumpai tulisan, angka, maupun kode baterai yang dapat memberikan informasi tentang detail spesifikasi baterai tersebut. Untuk dapat memahami istilah - istilah pada label dan katalog baterai, maka kita perlu mengetahui makna dari istilah - istilah tersebut. Berikut ini istilah - istilah yang sering dijumpai pada spesifikasi baterai: Tegangan (Voltage) Tegangan adalah beda potensial listrik yang dapat dihasilkan oleh baterai tersebut. Tegangan memiliki satuan volt. Besarnya tegangan baterai pada kendaraan bermotor pada umumnya adalah 12 volt. Ampere hour (Ah) Ampere hour (Ah) adalah satuan untuk kapasitas baterai (battery capacity), yaitu kemampuan baterai untuk mengeluarkan arus listrik dalam kurun waktu tertentu (dalam jam). S...