KOMPONEN-KOMPONEN DASAR ENGINE MANAGEMENT SYSTEM (EMS) PADA MESIN

IATS

Gambar Intake Air Temperature Sensor

Intake Air Temperature Sensor (IATS) berfungsi mengukur suhu udara yang masuk ke dalam silinder mesin.

WTS / ECTS


Gambar Engine Coolant Temperature Sensor

Water Temperature Sensor (WTS) / Engine Coolant Temperature Sensor (ECTS) berfungsi mengukur suhu mesin berdasarkan suhu air pendingin mesin yang berada di dalam Water Jacket. Sensor ini menempel pada blok silinder dan biasanya letaknya dekat dengan thermostat.

MPS / MAPS

Gambar Manifold Pressure Sensor

Manifold Pressure Sensor (MPS) / Manifold Absolute Pressure Sensor (MAPS) atau juga sering disebut Vacuum Sensor berfungsi mengukur tekanan udara di dalam Intake Manifold pada mesin tipe D-FI. Sensor ini biasanya diklemkan pada air intake chamber dan pada sensor terdapat selang udara yang terhubung ke Intake Manifold, atau juga bisa terletak/menempel pada Intake Manifold.

MAFS

Gambar Mass Air Flow Sensor

Mass Air Flow Sensor (MAFS) atau sering juga disebut Air Flow Meter berfungsi mengukur massa atau jumlah udara yang akan masuk ke dalam silinder. Sensor ini terdapat pada mesin tipe L-FI.

TPS

Gambar Throttle Position Sensor

Throttle Position Sensor (TPS) berfungsi mengukur sudut pembukaan katup throttle (katup gas). Sensor ini terletak di ujung poros throttle dan menempel pada Throttle Body.

CKPS

Gambar Crankshaft Position Sensor

Crankshaft Position Sensor (CKPS) berfungsi mengukur sudut putaran poros engkol untuk menentukan Injection Timing dan Ignition Timing serta mengetahui kecepatan putaran mesin.

CMPS

Gambar Camshaft Position Sensor

Camshaft Position Sensor (CMPS) berfungsi mengukur sudut putaran poros nok untuk menentukan silinder mana yang sedang melakukan akhir langkah kompresi (yang akan melakukan pembakaran).

KNOCK SENSOR

Gambar Knock Sensor

Knock Sensor / Detonation Sensor berfungsi mendeteksi knocking (getaran tidak normal yang mendadak tinggi) pada mesin. Sensor ini menempel di blok silinder mesin.

OXYGEN SENSOR

Gambar Oxygen Sensor

Oxygen Sensor / O2 Sensor berfungsi mendeteksi sedikit banyaknya kadar oksigen pada gas buang hasil pembakaran untuk mengoreksi kualitas pembekaran. Sensor ini terletak di Exhaust Manifold.

ECU / ECM

Gambar Electronic Control Unit

Electronic Control Unit (ECU) / Electronic Control Module (ECM) berfungsi mengolah informasi yang didapat dari sensor dan menentukan perintah yang akan dijalankan oleh actuator.

ISC / IACV

Gambar Idle Speed Control

Idle Speed Control (ISC) / Idle Air Control Valve (IACV) berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran idling / stationer mesin. Aktuator ini menempel pada Throttle Body.

INJECTOR

Gambar Injector

Injector berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin.

Cara kerja Injector:

  1. Saat transistor injektor (di dalam ECU) “ON”, maka arus listrik mengalir ke Solenoid Coil sehingga terjadi gaya elektromagnetik.
  2. Gaya elektromagnetik tersebut mengakibatkan plunger tertarik ke atas melawan gaya pegas sehingga needle valve terbuka dan bahan bakar terinjeksikan ke ruang bakar.
Untuk melihat letak komponen EMS pada mesin, bisa dilihat pada video di bawah ini:


Untuk latihan soal / pemahaman bisa dikerjakan pada link di bawah ini:

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MELAKUKAN PERAWATAN BERKALA PADA MESIN MOBIL EFI

ISTILAH - ISTILAH DAN KODE PADA BATERAI KENDARAAN BERMOTOR