KOMPONEN-KOMPONEN DASAR ENGINE MANAGEMENT SYSTEM (EMS) PADA MESIN
IATS
Gambar Intake Air Temperature Sensor
Intake Air Temperature Sensor (IATS) berfungsi mengukur suhu
udara yang masuk ke dalam silinder mesin.
WTS / ECTS
Water Temperature Sensor (WTS) / Engine Coolant Temperature
Sensor (ECTS) berfungsi mengukur suhu mesin berdasarkan suhu air pendingin
mesin yang berada di dalam Water Jacket. Sensor ini menempel pada blok silinder
dan biasanya letaknya dekat dengan thermostat.
MPS / MAPS
Gambar Manifold Pressure Sensor
Manifold Pressure Sensor (MPS) / Manifold Absolute Pressure Sensor (MAPS) atau juga sering disebut Vacuum Sensor berfungsi mengukur tekanan
udara di dalam Intake Manifold pada mesin tipe D-FI. Sensor ini biasanya
diklemkan pada air intake chamber dan pada sensor terdapat selang udara yang
terhubung ke Intake Manifold, atau juga bisa terletak/menempel pada Intake
Manifold.
MAFS
Gambar Mass Air Flow Sensor
Mass Air Flow Sensor (MAFS) atau sering juga disebut Air Flow Meter berfungsi mengukur massa atau
jumlah udara yang akan masuk ke dalam silinder. Sensor ini terdapat pada mesin
tipe L-FI.
TPS
Gambar Throttle Position Sensor
Throttle Position Sensor (TPS) berfungsi mengukur sudut
pembukaan katup throttle (katup gas). Sensor ini terletak di ujung poros
throttle dan menempel pada Throttle Body.
CKPS
Gambar Crankshaft Position Sensor
Crankshaft Position Sensor (CKPS) berfungsi mengukur sudut
putaran poros engkol untuk menentukan Injection Timing dan Ignition Timing
serta mengetahui kecepatan putaran mesin.
CMPS
Gambar Camshaft Position Sensor
Camshaft Position Sensor (CMPS) berfungsi mengukur sudut
putaran poros nok untuk menentukan silinder mana yang sedang melakukan akhir
langkah kompresi (yang akan melakukan pembakaran).
KNOCK SENSOR
Gambar Knock Sensor
Knock Sensor / Detonation Sensor berfungsi mendeteksi knocking (getaran tidak normal yang
mendadak tinggi) pada mesin. Sensor ini menempel di blok silinder mesin.
OXYGEN SENSOR
Gambar Oxygen Sensor
Oxygen Sensor / O2 Sensor berfungsi mendeteksi sedikit banyaknya kadar
oksigen pada gas buang hasil pembakaran untuk mengoreksi kualitas pembekaran.
Sensor ini terletak di Exhaust Manifold.
ECU / ECM
Gambar Electronic Control Unit
Electronic Control Unit (ECU) / Electronic Control Module
(ECM) berfungsi mengolah informasi yang didapat dari sensor dan menentukan
perintah yang akan dijalankan oleh actuator.
ISC / IACV
Gambar Idle Speed Control
Idle Speed Control (ISC) / Idle Air Control Valve (IACV)
berfungsi untuk mengatur kecepatan putaran idling / stationer mesin. Aktuator
ini menempel pada Throttle Body.
INJECTOR
Gambar Injector
Injector berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam
ruang bakar mesin.
Cara kerja Injector:
- Saat
transistor injektor (di dalam ECU) “ON”, maka arus listrik mengalir ke
Solenoid Coil sehingga terjadi gaya elektromagnetik.
- Gaya elektromagnetik tersebut mengakibatkan plunger tertarik ke atas melawan gaya pegas sehingga needle valve terbuka dan bahan bakar terinjeksikan ke ruang bakar.
Komentar
Posting Komentar